Rabu, 22 Agustus 2012

Menyelamatkan Tanaman yang ditinggal Mudik

Sumber http://bit.ly/Nkgjic

Berkumpul dengan keluarga besar adalah saat yang paling ditunggu ketika lebaran tiba. Kita bisa bermaaf-maafan dan berbagi cerita dengan sanak saudara. Terkadang untuk berkumpul dengan keluarga kita harus meninggalkan rumah dan pergi ke kampung halaman. Kita juga harus meninggalkan tanaman kesayangan kita.

Sebenarnya tanaman yang ditinggal mudik bisa tetap dirawat, dengan mengkondisikan tanaman agar tidak terbengkalai. Namun Jika anda lupa mempersiapkanya dan terpaksa meninggalkan tanaman begitu saja, setelah mudik, coba tengok kembali tanaman tersebut mungkin masih bisa diselamatkan. Biasanya tanaman yang kita tinggalkan akan mengalami kekeringan, apalagi di sebagian besar wilayah di Indonesia tidak turun hujan.

Berikut ini adalah cara mengatasi tanaman yang kekeringan akibat ditinggal mudik :
  1. Pastikan pada tanaman masih ada daun yang tidak kering (masih hijau), daun yang sudah kering dibersihkan dari tanaman, jika masih lumayan banyak daun yang hijau sisakan dua atau tiga daun saja, cara ini bertujuan untuk mengurangi penguapan yang berlebihan
  2. Jika tanaman berada di dalam pot, rendam pot dan tanaman sampai basah, lalu ditiriskan
  3. Memberikan mulsa alami pada tanaman, bisa digunakan sampah-sampah daun, tempatkan sampah daun tersebut untuk menutupi media tanamn di dalam pot. Sampah daun ini juga bisa berfungsi sebagai pupuk nabati.
  4. Tidak disarankan untuk memberikan pupuk kemasan, untuk menghindari tanaman agar tidak stress
Demikian tips untuk mengatasi kekeringan akibat ditinggal mudik. Mudah-mudahan tanaman anda bisa kembali seperti semula. Semoga bermanfaat :)

San


1 komentar: