Minggu, 07 Oktober 2012

Bermain dengan Anak Laki-laki atau Perempuan?

Sumber http://bit.ly/R3RNaE
Anak-anak selalu suka bermain-main, jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan biasanya berbeda. Jika anak laki-laki suka bermain perang-perangan, anak perempuan suka bermain masak-masakan. Jenis permainan yang mereka lakukan tenyata mempengaruhi sikap mereka terhadap orang tua atau pendidik yang mengajak mereka belajar. Anak laki-laki biasanya lebih bandel jika diajak belajar dibandingkan anak perempuan. Meskipun tidak semuanya demikian.

Ketika FS mengajak bermain dan berkebun anak-anak di sekitar Farmland Piyungan, kebetulan anak laki-laki dan perempuan datang tidak bersamaan. Anak laki-laki datang terlebih dahulu untuk berenang di kolam renang yang ada di Farmland Piyungan. Setelah lama mereka bermain air kami mengajak mereka untuk berkebun tetapi mereka tidak menerima ajakan tersebut. Lalu kami mengajak mereka berlomba renang siapa yang tercepat akan mendapatkan hadiah. Mereka mengajak lomba lagi, akhirnya kita ajak untuk berlomba berkebun, siapa yang tercepat mereka akan dapat hadiah. Dengan cara itu mereka baru mau berkebun.



Waktu berkebun anak laki-laki tidak mau mendengarkan arahan dari kami, saling rebutan pot siram dan memainkannya. Setelah selesai menanam mereka langsung kembali ke kolam renang dan bermain air kembali. Kemudian anak perempuan datang ke farmland, mereka menyapa dan menanyakan kapan berkebun lagi. Lalu kita mulai menanam dengan cara vertikultur, mereka menanam dengan botol bekas air mineral lalu digantungkan di tembok. Anak perempuan lebih menurut arahan dari kami.

Setelah beberapa hari berkebun anak laki-laki tetap lebih nakal dibanding anak perempuan. Tetapi mereka lama-kelamaan suka terhadap aktivitas berkebun. Setiap hari mereka menyiram tanaman yang telah ditanamnya. Dengan sendirinya mereka belajar tentang kedisiplinan tanpa kami suruh, mereka tampak asyik merawat tanamannya. Mereka sudah tidak sabar lagi menunggu waktu panen tanaman yang mereka tanam.



Jadi siapa bilang mendidik anak-anak agar tidak bandel itu susah? Ajari mereka berkebun karena dengan berkebun mereka dapat belajar sabar, disiplin dan kerja keras. Dengan mengajak anak-anak berkebun akan membentuk karakter anak yang lebih baik ketika mereka dewasa. Jadi tunggu apalagi yuk ajak anak-anak berkebun ! :)

San


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar