Minggu, 22 Juli 2012

Berkebun Bisa Mencerdaskan Anak

Sumber http://bit.ly/NJv167
Ternyata berkebun bisa mencerdaskan anak-anak. Menurut penelitian Christopher Lowry, asisten profesor fisiologi integratif di University of Colorado, Boulder, Norwegia, di dalam tanah terdapat bakteri Mycobacterium vaccae yang dapat meningkatkan pelepasan dan metabolisme hormon serotonin di bagian otak.  Bakteri ini bukan merupakan bateri yang tidak berbahaya. Serotonin berfungsi mengontrol kegiatan fisik tubuh dan suasana hati. Ketika suasana hati anak ceria maka dengan mudah kita dapat memberikan ilmu kepada anak-anak dengan mudah. Mereka dapat menyerap pelajaran dengan mudah pula.

Orang tua tidak perlu khawatir lagi jika anak-anak bermain di alam bebas, tetap perlu diawasi tetapi tidak perlu dilarang. Bermain di alam banyak memang manfaatnya seperti menghirup udara segar dan terkena sinar matahari langsung dapat memperlancar peredaran darah. Dengan mengajari anak berkebun selain mendapatkan manfaat langsung udara segar dan sinar matahari, mereka juga mendapatkan manfaat dengan adanya bakteri Mycobacterium vaccae tersebut. Dengan berkebun dapat meningkatkan kedisiplinan anak, meningkatkan kemampuan psikis dan fisik anak. Sehingga manfaat berkebun bisa disamakan dengan berolahraga.

Saat ini telah banyak sekolah dengan konsep sekolah alam, memberikan pelajaran kepada anak-anak dengan memanfaatkan suasana hati yang ceria. Anak-anak lebih mudah memahami pelajaran dengan bermain di alam terbuka. Mereka lebih sehat dan cerdas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar